ruangkasus625

Ruang belajar bernama R-625

In Uncategorized on January 12, 2012 at 4:20 am

DI lantai enam gedung kampus UMN terdapat sebuah ruang yang saban hari Jumat diisi dua gerombolan mahasiswa. Gerombolan pertama datang pada pagi hari. Yang kedua, datang selepas makan siang. Ya, namanya juga mahasiswa. Kadang datang awal, kadang telat. Beberapa mahasiswa malah beberapa kali tidak datang. (Semoga para dosen mafhum aja deh… :-))

R-625. Huruf dan angka itu tertera di atas pintu masuk ruangan. Gak salah lagi, angka-angka itu cuma menunjukkan lantai dan nomor ruangan. Bukan nomor yang menentukan nasib, keberuntungan. Apalagi nomor kesialan.

Tiap Jumat, di ruang itu ada kuliah seputar jurnalisme. Topik-topik yang diangkat seringkali menyangkut “bad news” di negeri ini. Korupsi. Praktik suap-menyuap. Penyimpangan hukum. Penyalahgunaan kekuasaan dan jabatan. Pencurian pulsa. Tapi sering juga membahas gosip selebrita, lanjut ke lapangan parkir, harga es mambo hingga persoalan-persoalan asmara.

Tapi kuliah ini sebenarnya lebih banyak diisi monolog si dosen, obrolan remeh-temeh, nonton film bareng, canda ke sana-sini, … yah… tak ada yang serius lah. Betul, sama sekali tak ada yang serius atau bikin jidat berkerut. Apalagi bikin keringat mengucur (ruang ini dilengkapi mesin pendingin :-D). Kalau pun ada yang benar-benar serius, cuma pas ujian. Beberapa jam sebelum dan pada saat ujian.

Nah, berhubung kuliah di ruang 625 itu akan segera berakhir, ruang belajar bagi kedua gerombolan mahasiswa itu dipindah ke ruang maya. Tepatnya di blog yang sedang Anda baca. Yang berbicara dan bersuara dalam blog ini adalah mahasiswa yang sedang belajar. Belajar bicara. Belajar bersuara. Belajar berkarya. Termasuk belajar melakukan kesalahan.

Seperti juga di kelas R-625, di ruang ini pun tak ada isu yang serius. Jika ada topik yang Anda anggap serius dalam blog ini, syukurlah… Jika ada artikel, gambar, atau video yang diposting pada blog ini Anda anggap mengandung kekeliruan, apalagi kesalahan fatal… tolong sampaikan kepada pengelola blog ini. Sebab blog ini memang dibuat bukan sebagai ruang pengadilan di mana Anda sebagai pengunjung, pembaca, penonton blog ini berhak memvonis “kejahatan” yang tidak sengaja kami lakukan.

Oke deh… Selamat menikmati, dan terimakasih sudah datang ke ruang ini ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: